Mau Tahu Untungnya Pakai Jasa Influencer Marketing? Yuk, Intip Penjelasannya

  • Oleh Fazri Maulana

  • 2022-07-21 14:36:46
Mau Tahu Untungnya Pakai Jasa Influencer Marketing? Yuk, Intip Penjelasannya
Photo by : Marketspace

Seperti yang telah diketahui, pemakaian dari jasa influencer marketing di beberapa tahun belakangan memang marak terjadi. Ini semua dikarenakan perkembangan dari dunia digital semakin maju. Alhasil para pemuda bisnis pun juga gunakan cara demikian.

Pengertian Apa itu Influencer Marketing?

Sebetulnya apa itu influencer marketing? Banyak orang mengatakan jika ini sebuah strategi yang mana pihak dari brand itu melakukan sebuah kerja sama atau kolaborasi. Bersama dengan influencer yang ada di media sosial. Umumnya aktivitas promosi dilakukan dengan konten-konten menarik.

Konten-konten tersebut nantinya akan diunggah ke medsos milik influencer yang berkaitan. Namun tentunya mereka ini memang telah memiliki banyak followers. Sedangkan untuk videonya iklan merupakan hasil kreasi pihak yang memiliki media sosial tersebut.

Influencer marketing tentu membuat pihak dari brand semakin dimudahkan ketika melaksanakan promosi produk. Karena mereka punya demografi followers yang beraneka ragam karena juga menyesuaikan dari konten-konten yang mereka unggah. Alhasil promosi jauh lebih efektif.

Kriteria Influencer Marketing yang Berkualitas

Memang seperti namanya, kunci dari keberhasilan strategi tersebut juga berasal dari keberadaan influencer. Jadi pada dasarnya mereka ini merupakan seseorang yang punya pengaruh di kalangan masyarakat. Minimal mereka harus punya beberapa aspek seperti di bawah ini:

• Para influencer harus punya sebuah kekuatan dalam memberikan pengaruh keputusan pembelian orang lain. Sebab mereka punya otoritas, pengetahuan bahkan hubungan dengan para audiens.
• Punya pengikut dengan segmentasi niche market tertentu yang memang terlihat selalu aktif.
• Perlu dipahami pula jika influencer itu bukan hanya jadi alat di dalam pembuatan strategi pemasaran. Namun mereka juga sebuah aset hubungan sosial. Dikarenakan ada kolaborasi dengan brand agar mampu mencapai tujuan dari pemasaran itu sendiri.

Seberapa Penting Jasa Influencer Marketing untuk Bisnis

Jasa influencer marketing memiliki peranan penting dalam bidang bisnis. Tapi kebanyakan para pengusaha pemula melewatkan hal seperti ini. Maka dari itu, terlebih dahulu pahami tentang alasan kenapa harus pakai layanan tersebut:

1. Membuat Produk Bisa Menjadi Pusat Perhatian

Memutuskan menggunakan strategi influencer marketing, maka artinya mampu membantu dalam pembuatan sebuah produk. Agar jadi pusat perhatian banyak followers mereka. Salah satu contohnya yaitu seorang influence dari Instagram.

Pada saat mereka menggunakan sebuah produk, otomatis pengikutnya juga akan melihat apa saja yang tengah dipakai oleh influencer tersebut. Lalu pada akhirnya penasaran dan mencari tahu informasinya.

2. Bisa Jangkau Lebih Banyak Konsumen

Ketika ada influencer yang punya followers cukup banyak bahkan mencapai 1 juta lebih. Pada saat mereka melakukan promosi dari brand ataupun jasa Anda. Tentunya banyak orang yang ingin mengenal gimana usaha itu bukan.

Ketika mereka mampu mengenal produk yang Anda punya, artinya lebih gampang mengingat nama brand. Memiliki peluang besar untuk segera dibeli dan omset dari bisnis mengalami peningkatan dengan pesat.

3. Lebih Gampang Tingkatan Brand Awareness

Seorang influencer itu bukan hanya butuh rasa percaya yang tinggi dari followersnya untuk sebuah bisnis. Tapi juga harus membuat para pengikutnya tahu serta mengingat produk ataupun jasa-jasa yang tengah dipromosikan.

Ketika followers tersebut suka dengan barang ataupun jasa yang juga dipakai oleh influencer. Karena sebagai idola masyarakat luas otomatis kebanyakan orang pun juga cari tahu akan brand tersebut. Maka hal ini masuk ke dalam strategi dalam peningkatan brand awareness.

Trend Ide Pemakaian Influencer untuk Marketing

Dikarenakan teknologi internet yang semakin canggih, alhasil kebiasaan masyarakat luas pun juga secara signifikan alami perubahan. Jika dahulu proses marketing dilakukan secara konvensional. Namun saat ini penggunaan influencer marketing marak dipakai, dan inilah beberapa idenya:

1. Mampu Membuat Konten yang Sangat Interaktif

Tren dari ide-ide dan sering digunakan oleh influencer itu adalah pembuatan konten yang sangat interaktif. Sebab jika terlalu pasif pada akhirnya membuat audiens juga bosan bahkan tak menunjukkan rasa tertarik sama sekali.

Itulah kenapa sebelum memutuskan menggunakan strategi tersebut harus cari influencer yang betul-betul punya kemampuan dalam pembuatan konten kreatif. Bukan itu saja, mereka perlu membuat video yang menarik, powerful agar bisa dapatkan feedback dari semua promosi itu.

2. Pembuatan Konten Lebih Banyak Pakai Bentuk Video

Instagram juga jadi media sosial yang paling sering dipakai ketika memutuskan gunakan influencer marketing. Jika pada awalnya hanya menggunakan bentuk gambar, tapi seiring berjalannya waktu konten-konten tersebut berubah menjadi video. Dikarenakan mampu menarik audiens lebih banyak.

Sebetulnya bukan hanya Instagram saja, karena platform YouTube juga jadi salah satu tempat para influencer ketika mempromosikan sebuah produk. Karena media ini malah membuat penjelasan dari sebuah barang ataupun jasa menjadi detail.

3. Adanya Partnership yang Berkelanjutan

Pada trend seperti ini biasanya pihak brand dan juga influencer itu akan memilih kemitraan dalam jangka panjang jadi ada kontrak dan perlu ditandatangani. Hal ini memang berkaitan dengan panjangnya waktu yang dibutuhkan dalam penjualan produk ataupun jasa.

Alhasil, saat melakukan endorsement itu jika ada satu konten saja yang mengalami kekurangan. Pada akhirnya akan memberikan pengaruh cukup besar dalam penjualan. Misalnya saja untuk satu minggu harus mengupload konten sebanyak tiga kali, tapi malah hanya dilakukan dua kali saja.

Masih kebingungan dalam gunakan strategi ini, tak perlu cemas sebab ada marketspace.id yang akan jadi jasa influencer marketing terbaik. Layanan mereka pun sangat terpercaya dan tentu bisa berikan dampak bagus bagi usaha.

 

Artikel Lainnya

Jasa Placement Media, Apa Fungsinya?

Apakah Anda seorang pebisnis? Jika iya, pernahkah menggunakan jasa placement media?

KEPINGIN JADI NANOINFLUENCER DAN MENGHASILKAN UANG? CEK TIPS INI!

Siapa pun di media sosial dengan kurang dari 10.000 pengikut. Mereka bermitra dengan brand untuk mempromosikan produk ke audiens yang lebih kecil dan lebih spesifik.

Google Analytics: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan

Untuk Anda yang punya kebutuhan melakukan tracking pada bisnis digital, Google Analytics adalah salah satu hal yang wajib dimengerti.

Google Ads: Penjelasan, Fungsi dan Kegunaan

Untuk para pebisnis digital, pasti sudah tidak asing dengan Google Ads. Dulunya bernama Google Adwords.